Demo Blog

Mencari nilai sebuah kebenaran

by Shy Pool on Nov.22, 2009, under

anda pernah belajar logika matematika? kalau pernah, pasti tahu definisi dari pernyataan.
kalau belum, mari kita berbagi sedikit informasi. pernyataan adalah suatu kalimat yang bisa bernilai benar atau bernilai salah.
sebagai contoh, "Jakarta adalah ibu kota negara Indonesia" disebut pernyataan yang bernilai benar. "Semua bintang film itu tampan dan cantik" merupakan contoh kalimat yang tidak bisa dinyatakan kebenarannya karena "tampan" dan "cantik" itu relatif. Jadi kalimat "semua bintang film itu tampan dan cantik" bukan suatu pernyataan.

Nah, jika saya mengatakan "Semua laki-laki adalah pembohong".
apakah kalimat diatas termasuk pernyataan atau tidak?

kalimat diatas tidak bisa ditentukan kebenarannya karena kalimat diatas rancu. Saya adalah seorang laki-laki, jika kalimat diatas benar berarti saya pembohong dan semua yang saya katakan adalah bohong. sehingga kalimat yang saya katakan diatas tidak benar.
jika kalimat diatas salah, berarti semua laki-laki adalah orang yang jujur dan semua yang dikatakan adalah benar. akibatnya apa yang saya katakan itu pasti benar karena saya adalah seorang laki-laki.

inilah yang disebut paradoks dalam matematika
0 comments more...

0comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar..

Syukron Katsiiron..
:)

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Followers

Subscribe: